“Komputer”
A.
Komputer
Komputer adalah suatu alat elektronik yang dapat mengimputkan
data melakukan proses dan menghasilkan output.
1. Monitor
monitor komputer adalah perangkat keras komputer
yang bertugas menampilkan video yang menunjukkan output dari kontroler grafis
(video card) Monitor itu sendiri tidak menghasilkan gambar secara mandiri untuk
ditampilkan.Gambar-gambar ini secara elektronik dibuat oleh kartu video terbaik
yang terinstal di dalam unit sistem komputer anda.
Resolusi monitor merujuk pada
ukuran gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor dan diukur dalam pixel,
dan 1 pixel adalah satu titik pada layar monitor Anda. Semakin tinggi
resolusinya, makin tajam outputnya. Gambar yang baik memungkinkan Anda
menampilkan elemen lebih kecil pada layar monitor. Resolusi dinyatakan dalam
jumlah piksel, baik dalam arah horisontal dan vertikal seperti 800, X 600,
1024×768, dll
Jenis-jenis Monitor Komputer
Ada dua jenis monitor komputer yang dikenal saat
ini yaitu :
a.
LCD (Liquid Crystal Display)
Kelebihan LCD monitor yaitu
banyak digemari saat ini untuk menghemat listrik. Hemat ruang, memiliki
kualitas gambar yang lebih tajam, dan terlihat benar-benar modern.
Kelebihan Monitor LCD
- Flat-panel monitor beratnya cukup ringan dan mengambil tempat yang jauh lebih sedikit dibandingkan CRT.
- Gambar pada layar LCD lebih tajam dan lebih terang dari CRT.
- Layar LCD tidak berkedip.
- Menggunakan monitor LCD tidak melelahkan mata.
- LCD monitor lebih hemat energi, sehingga biaya operasi yang lebih rendah.
Kerugian Monitor LCD
- Cepat-gambar bergerak pada LCD dapat menjadi smear.
- Harga monitor LCD lebih mahal daripada CRT pada posisi kualitas yang sebanding.
- Gambar monitor LCD hanya menampilkan hasil resolusi terbaik pada resolusi tertentu, lebih dari itu akan kurang jelas
b.
CRT (Cathode Ray Tube)
Monitor CRT adalah perangkat
analog yang menggunakan aliran terus-menerus elektron untuk membuat gambar pada
layar Itu berarti bahwa kartu grafis Anda harus mengubah sinyal digital
komputer menjadi sinyal analog agar gambar pada monitor CRT dapat mengerti.
Kelebihan Monitor CRT
- monitor CRT lebih murah.
- Warna mendalam dan waktu respon yang lebih baik, sehingga game, film DVD, dan acara TV mungkin terlihat lebih baik pada CRT (tapi LCD sudah mulai mengejar).
- Sebuah CRT terlihat baik dari semua sudut pandang dibanding LCD.
- CRT akurat dapat menampilkan beberapa resolusi dan refresh rate.
Kekurangan dari Monitor CRT
- CRT monitor menempati banyak ruang meja dan berat berat.
- Fosfor dalam CRT akhirnya aus, gambar pada monitor yang sudah tiga tahun tidak akan terlihat baik seperti ketika monitor masih baru.
- Monitor CRT mengkonsumsi tiga kali listrik daripada LCD.
- Fokus di sekitar tepi luar gambar sering kurang tajam daripada di tengah.
- Gambar di CRT tidak setajam gambar yang sama pada LCD dengan resolusi native LCD.
- Seiring waktu, sebuah monitor CRT menjadi kurang tajam dibanding saat masih baru.
- Monitor CRT tidak seterang LCD
- Monitor CRT menghasilkan radiasi magnetik dan elektromagnetik serta menghasilkan panas.
2. Papan induk
Motherboard / papan induk adalah suatu papan tempat penempatan
sirkuit-sirkuit komputer maupun laptop yang saling terhubung satu sama.
Motherboard (papan induk) ini merupakan komponen utama yang harus ada pada
setiap komputer, karena Motherboard ini merupakan tempat penempatan komponen-komponen
komputer yang saling terhubung satu sama lainnya, atau bisa dikatakan tempat di
mana data berlalu lalang.
Perangkat
–perangkat yang saling terhubung dengan Motherboard
a. Konektor power
Konektor power merupakan penghubung
antara motherboard dengan power listrik. Konektor ini dibedakan menjadi dua
jenis yakni AT dan ATX. Konektor bertipe AT memiliki dua bagian kabel untuk
tempat menacapkan power supply, sedangkan untuk tipe ATX memakai Chasing CPU
khusus tipe ATX, dimana kabel power supply menyatu dengan satu header yang
utuh, sehingga tinggal menancapkannya ke Motherboard
b. Socket atau slot prosessor
merupakan tempat untuk menempatkan
prosesor seperti Intel maupun AMD.
c. Socket memory
Merupakan tempat penghubung
Motherboard dengan memory RAM.
d. Konektor floppy dan IDE
Merupakan konektor penghubung
Motherboard ke piranti simpan seperti floppy disk atau harddisk dan CDROM
e. AGP 4X slot
Merupakan slot penghubung
Motherboard ke kartu grafis.
f. PS/2 mouse port
Tempat konektor atau sambungan mouse
g. Line in jack
Tempat penghubung ke sumber audio
h. Line out jack
Tempat penghubung ke speaker
i.
Microphone
jak
Tempat penghubung ke microphone
j.
Port
keyboard
Tempat penghubung antara motherboard
dengan keyboard
3. Pemroses
Alat Pemroses adalah
alat dimana instruksi-instruksi program diproses untuk mengolah data yang sudah
dimasukkan lewat alat input (input device) dan hasilnya akan ditampilkan pada
alat output (output device).
Alat Pemroses terdiri dari : –Central Processor atau CPU (Central Processing Unit) dan Main Memory.
a. Central Processor atau CPU (Central Processing Unit)
CPU terdiri dari dua bagian utama yaitu : -Unit Kendali (Control Unit) dan Arithmetic and Logic Unit (ALU)
Alat Pemroses terdiri dari : –Central Processor atau CPU (Central Processing Unit) dan Main Memory.
a. Central Processor atau CPU (Central Processing Unit)
CPU terdiri dari dua bagian utama yaitu : -Unit Kendali (Control Unit) dan Arithmetic and Logic Unit (ALU)
1) Unit
Kendali (Control Unit )
Bagian ini bertugas mengatur dan mengendalikan
semua peralatan data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan pada alat
output.
2)
Arithmetic and Logic Unit ( ALU)
Bagian ini bertugas melakukan semua perhitungan
aritmatika atau metematika yang terjadi sesuai dengan instruksi program. Di
antara dua bagian utama tersebut , CPU mempunyai beberapa simpanan yang
berukuran kecil yang disebut dengan register
b.Main memory
Alat pemroses dilengkapi dengan simpanan yang
kapasitasnya lebih besar dari CPU, yaitu main storage atau internal memory atau
internal storage atau primary storage atau temporary storage atau immediate
access storage. Main memory terdiri dari Random Access Memory (RAM) dan Read
Only Memory (ROM).
Semua data dan program yang dimasukkan lewat alat input akan disimpan terlebih dahulu di main memory, khususnya di RAM. RAM merupakan memori yang dapat diakses yaitu dapat diisi dan diambil isinya oleh programmer. Struktur dari RAM dibagi menjadi 4 bagian yaitu : Input Storage,digunakan untuk menampung input yang dimasukkan lewat alat input, Program Storage, digunakan untuk menyimpan semua instruksi-inastruksi program yang akan diproses ,Working Storage, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil dari pengolahan ,Output Storage, digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output .
Input yang dimasukkan lewat alat input pertama kali ditampung terlebih dahulu di Input Storage, bila input tersebut berbentuk program maka dipindahkan ke Program Strorage dan bila berbentuk data akan dipindahkan ke Working Storage. Hasil dari pengolahan juga ditampung di Working Storage dan hasil yang akan ditampilkan ke alat output dipindahkan ke Output Storage. RAM mempunyai kemampuan untuk melakukan pengecekan dari data yang disimpannya, yang disebut dengan istilah parity check. Bila data hilang atau rusak, dapat diketahui yaitu dari sebuah bit tambahan yang disebut dengan parity bit atau check bit.
4. Slot ATA
Advanced Technology Attachment (ATA)
adalah interface standar untuk menghubungkanstorage
devices seperti hard disk dan CD-ROM drives dalam personal
computer. Banyak terdapat istilah dan sinonim untuk ATA, termasuk
singkatan-singkatan IDE, ATAPI,
dan UDMA.
Dengan diperkenalkannya Serial ATA pada 2003,
ATA yang asli dinamai Parallel ATA (PATA). Karena itu
artikel ini hanya membahas Parallel ATA.
Standar
Parallel ATA hanya mengizinkan panjang kabel sampai 46 sentimeter (18 inci)
walaupun kabel sampai 91 cm (36 in) dapat dibeli. Karena keterbatasan ini dan
karena harganya yang terjangkau, teknologi ATA biasanya digunakan untuk
antarmuka penyimpan komputer internal.
Memori
akses acak (bahasa Inggris: Random access memory, RAM) adalah sebuah tipe
penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak
memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat
memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal
dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.
Kegunaan RAM
Kegunaan utama RAM adalah untuk menyimpan maklumat-maklumat sementara yang sedang digunakan oleh aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan (running application). Memori-memori yang disimpan oleh aplikasi-aplikasi ini akan terpadam dengan sendirinya apabila sesuatu aplikasi itu ditutup Oleh itu, RAM hanyalah ingatan sementara dan akan terpadam apabila komputer ditutup berbanding dengan cakera keras (hard disk) yang mempunyai ingatan secara kekal (permanent storage). Jumlah kapasiti yang lebih besar menjanjikan perjalanan aplikasi-aplikasi lebih lancar. Jumlah yang tinggi ini juga diperlukan oleh aplikasi-aplikasi yang yang dahagakan RAM seperti Adobe Premiere dan permainan-permainan komputer seperti Far Cry dan Grand Theft Auto (Vice City).
Kegunaan RAM
Kegunaan utama RAM adalah untuk menyimpan maklumat-maklumat sementara yang sedang digunakan oleh aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan (running application). Memori-memori yang disimpan oleh aplikasi-aplikasi ini akan terpadam dengan sendirinya apabila sesuatu aplikasi itu ditutup Oleh itu, RAM hanyalah ingatan sementara dan akan terpadam apabila komputer ditutup berbanding dengan cakera keras (hard disk) yang mempunyai ingatan secara kekal (permanent storage). Jumlah kapasiti yang lebih besar menjanjikan perjalanan aplikasi-aplikasi lebih lancar. Jumlah yang tinggi ini juga diperlukan oleh aplikasi-aplikasi yang yang dahagakan RAM seperti Adobe Premiere dan permainan-permainan komputer seperti Far Cry dan Grand Theft Auto (Vice City).
6. Slot PCI
Slot
PCI adalah (kepanjangan dari bahasa Inggris: Peripheral Component Interconnect)
adalah bus yang didesain untuk menangani beberapa perangkat keras. Standar bus
PCI ini dikembangkan oleh konsorsium PCI Special Interest Group yang dibentuk
oleh Intel Corporation dan beberapa perusahaan lainnya, pada tahun 1992. Tujuan
dibentuknya bus ini adalah untuk menggantikan Bus ISA/EISA yang sebelumnya
digunakan dalam komputer IBM PC atau kompatibelnya.
7. Catu Daya
Catudaya
atau power supply merupakan suaturangkaian elektronic yang mengubah arus
listrik bolak-balik menjadi arus listrik searah. Hampir semua peralatan
elektronik membutuhkan catudaya agar dapat berfungsi
Beberapa
radio atau tape kecil menggunakan baterai sebagai sumber tenaga namun sebagian
besar menggunakan listrik PLN sebagai sumber tenaganya. Untuk itu dibutuhkan
suatu rangkaian yang dapat mengubah arus listrik bolak-balik dari PLN menjadi
arus listrik searah. Ada banyak jenis atau variasi rangkaian catudaya dengan
segala kelebihan dan kekurangannya. Namun secara prinsip rangkaian catudaya
terdiri atas transformator, dioda dan condensator. Transformator digunakan
untuk menurunkan atau menaikkan tegangan AC sesuai kebutuhan
9. Cakram keras
Cakram keras (bahasa Inggris: harddisk atau harddisk drive
disingkat HDD atau hard drive disingkat HD) adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Cakram keras diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson pada tahun 1956. Cakram keras pertama tersebut terdiri dari 50
piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200
rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Cakram keras zaman sekarang sudah ada yang hanya
selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB. Kapasitas terbesar cakram keras saat ini
mencapai 3 TB dengan ukuran standar 3,5 inci.
Data
yang disimpan dalam cakram keras tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan
listrik. Dalam sebuah cakram keras, biasanya terdapat lebih dari satu piringan
untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.
10. Papan
Ketik
Papan
ketik komputer merupakan sebuah papan yang terdiri dari
tombol-tombol seperti huruf alfabet (A—Z) untuk mengetikkan kalimat, juga
terdapat angka 3, 4, 5, 8, 3,
3 dan lain-lain, serta simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Dalam
komputasi, papan ketik menggunakan susunan tombol atau kunci, untuk bertindak
sebagai tuas mekanis atau sakelar elektronik.
11. Tetikus
Mengoperasikan
tetikus mekanikal.
1. Bola akan berputar saat tetikus digerakkan.
2. Penggulung X dan Y mencengkeram bola tersebut dan memindahkan gerakan.
3. Cakram menerjemahkan gerakan menjadi kode optis lewat lubang cahaya.
4. LED inframerah memancar lewat cakram.
5. Sensor mengumpulkan pantulan cahaya untuk mengubah posisi X dan Y.
Tetikus (bahasa Inggris: mouse) adalah alat yang
digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain papan tombol. Tetikus memperoleh nama demikian karena
kabel yang menjulur berbentuk seperti ekor tikus.1. Bola akan berputar saat tetikus digerakkan.
2. Penggulung X dan Y mencengkeram bola tersebut dan memindahkan gerakan.
3. Cakram menerjemahkan gerakan menjadi kode optis lewat lubang cahaya.
4. LED inframerah memancar lewat cakram.
5. Sensor mengumpulkan pantulan cahaya untuk mengubah posisi X dan Y.
Tetikus pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan kayu dengan satu tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol. Pada tahun 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan tetikus yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer, tetikus ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y).
Bentuk tetikus yang paling umum mempunyai dua tombol, masing-masing di sebelah kiri atas dan kanan atas yang dapat ditekan. Walaupun demikian, komputer-komputer berbasis Macintosh biasanya menggunakan tetikus satu tombol.
Tetikus bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Tetikus yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optis untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth.
Bagian-bagian
komputer
Komputer
terdiri atas 2 bagian besar yaitu perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware).
a.
Perangkat keras
- Pemroses atau CPU sebagai unit yang mengolah data
- Memori RAM, tempat menyimpan data sementara
- Hard drive, media penyimpanan semi permanen
- Perangkat masukan, media yang digunakan untuk memasukkan data untuk diproses oleh UPS, seperti mouse, keyboard, dan tablet
- Perangkat keluaran, media yang digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU, seperti monitor,speaker,plotter,proyektor dan printer
b.
Perangkat lunak
- Sistem operasi
Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi software. - Program komputer
Merupakan aplikasi tambahan yang dipasang sesuai dengan sistem operasinya
c.
Slot pada komputer
- ISA/PCI, slot untuk masukan kartu tambahan non-grafis
- AGP/PCIe, slot untuk masukan kartu tambahan grafis
- IDE/SCSI/SATA, slot untuk hard drive/ODD
- USB, slot untuk masukan media plug-and-play (colok dan mainkan, artinya perangkat yang dapat dihubungkan ke komputer dan langsung dapat digunakan)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar